Home » » Petunjuk Penggunaan Apendo Peserta Versi 3.1

Petunjuk Penggunaan Apendo Peserta Versi 3.1

Written By Unknown on Kamis, 19 September 2013 | 02.21


Apendo Peserta Versi 3.1
Aplikasi Pengamanan Dokumen untuk Peserta lelang (Apendo Peserta) pada Layanan Pengadaan Secara Elektronis (LPSE), merupakan hasil kerja sama antara Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Apendo Peserta digunakan untuk menenkripsi atau menyandi file-file penawaran yang dibuat oleh peserta lelang sebelum diupload/dikirim ke server LPSE. Apendo Peserta khusus diberikan untuk Peserta Lelang yang telah terdaftar di LPSE.
Aplikasi yang Anda gunakan ini adalah Apendo Peserta versi 3.1 Apendo Peserta versi 3.1 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Perbedaan yang mendasar dari versi 3.1 adalah framework pengembangan aplikasi menggunakan Qt yang bersifat lintas platform (Windows, Linux dan Mac). Selain itu terdapat fitur tambahan yaitu dapat melakukan pengecekan terhadap hasil enkripsi yang menjamin bahwa file terenkripsi dapat dibuka kembali dengan Apendo Panitia.
2008 - Apendo Peserta versi 1.0
·         Dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java.
·         Pengamanan file menggunakan algoritma enkripsi umum
2008 - Apendo Peserta versi 2.1
·         Dikembangkan dengan bahasa pemrograman Visual C++.
·         Pengamanan file menggunakan algoritma enkripsi propietary yang dikembangkan oleh Lemsaneg.
2010 - Apendo Peserta versi 2.2
·         Penambahan fitur untuk mengecek versi Apendo Panitia yang digunakan.
2012 - Apendo Peserta versi 2.3
·         Dikembangkan dengan framework Qt.
·         Terdapat pengecekan hasil enkripsi.
·         Proses enkripsi untuk satu folder berisi file file dokumen penawaran.
Copyright (c) 2008 - 2012 Lembaga Sandi Negara
Aplikasi Apendo Peserta Versi 3.1 ini dikembangkan dan diperuntukan untuk tujuan pengamanan file dokumen penawaran di LPSE . Tidak dianjurkan digunakan untuk kepentingan di luar itu. Penggunaan aplikasi untuk tujuan komersial tidak diijinkan dan dianggap melanggar hukum.


·  Jalankan file apendo.exe pada folder Apendo Peserta yang Anda miliki.
·  Sebaiknya Anda membaca Syarat dan Ketentuan sebelum melakukan Login agar Anda memahami peraturan terkait operasional aplikasi ini. Klik teks Syarat dan Ketentuan pada halaman login untuk menampilkannya.
·  Masukkan User ID dan Password pada bagian yang tersedia. Jika Anda pertama kali menjalankan aplikasi, gunakan User ID=lpselkpp dan password=rekananlpse. Kemudian klik tombol Login .
·  Halaman utama yang akan ditampilkan jika login berhasil adalah seperti gambar berikut. User ID Anda juga ditampilkan di bawah gambar header. Apabila User ID Anda tidak muncul berarti terdapat kesalahan pada Profil Perusahaan .

Jika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, halaman yang ditampilkan adalah Form Setting yang berisi Tab Password dan Kunci untuk merubah user ID dan Password dan Tab Profil Perusahaan .
  1. Untuk menghindari akses dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, Anda sangat disarankan untuk mengganti User ID dan Password secara berkala
    .
  2. Anda dapat mengganti User ID dan Password pada saat pertama kali Anda menjalankan aplikasi seperti pada poin 1.d di atas. Atau klik tombol Setting pada halaman utama .
  1. Pada Tab Password dan Kunci di form Setting, masukkan User ID yang Anda inginkan, Password Lama dan Password Baru beserta konfirmasinya .
  1. Gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter lainnya untuk menghasilkan password yang kuat. Indikator kekuatan password dapat Anda lihat pada progress bar berwarna hijau .
  1. Untuk menghindari kejadian tidak bisa login karena Anda lupa User ID atau Password, Aplikasi ini menyediakan fitur Lupa Password. Klik checkbox Jika Anda Lupa Password atau User ID Anda, kemudian silakan pilih Daftar Pertanyaan beserta Jawaban rahasia Anda .
  1. Setelah semua data terisi dengan benar, klik tombol Apply atau OK .
·  Identitas Digital merupakan data diri peserta lelang dalam bentuk data digital. Identitas Digital ini disertakan pada file dokumen penawaran yang akan dienkripsi sehingga Panitia Lelang dapat mengenali Peserta Lelang tersebut adalah valid.
.
·  Identitas Digital diberikan kepada semua Peserta Lelang yang telah terdaftar. Untuk mendapatkan Identitas Digital, silakan Anda login pada web LPSE dimana Anda terdaftar .
·  Jika login berhasil, silakan Copy data Identitas Digital Anda dari web LPSE. Pastikan Anda mendapatkan data Identitas Digital Anda dengan lengkap agar tidak terjadi kesalahan pada Apendo Panitia .
·  Buka Tab Profil Perusahaan di form Setting pada Apendo Panitia .
·  Klik tombol Paste untuk memasukkan Identitas Digital yang telah Anda copy dari web LPSE ke dalam isian Profil Perusahaan dan masukkan User ID LPSE Anda pada isian yang tersedia. User ID LPSE adalah data yang sama dengan User ID yang digunakan untuk login di web LPSE. Kemudian klik tombol OK atau Apply .
·  Jika semua isian benar, akan ditampilkan Profil Perusahaan dari peserta Lelang. Klik tombol OK untuk menutup form Setting .
·  Fitur Lupa Password adalah fitur baru pada Apendo Peserta versi 3.1 yang berfungsi untuk mengembalikan user ID atau password jika Anda tidak bisa Login.  Syarat fitur ini adalah Anda harus mengisi Daftar Pertanyaan beserta Jawabannya pada Form Password dan Kunci .
·  Klik teks Lupa Password? Klik disini untuk menampilkan Form Recovery Password .
·  Isikan jawaban dari Daftar Pertanyaan yang telah disediakan, User ID dan Password yang baru. Kemudian klik tombol OK .
·  Jika berhasil akan ditampilkan pesan Informasi seperti gambar berikut .
·  Fitur baru dari Apendo Peserta versi 3.1 adalah melakukan proses enkripsi terhadap satu folder. Sebelum melakukan proses enkripsi, Anda harus membuat folder dengan nama tertentu lalu semua file dokumen penawaran Anda simpan di dalam folder tersebut
·  Anda dapat menggunakan nama folder dengan format  nama perusahaan-ID Lelang”, misalkan nama folder CV Angin Perubahan – 1000 dan seterusnya .
·  Simpan semua file dokumen penawaran Anda ke dalam folder yang telah Anda buat .
 
·  Setelah penyiapan folder dengan file dokumen penawaran selesai dilakukan, selanjutnya klik tombol Pilih Folder pada Apendo Panitia.
·  Pilih satu folder pada open dialog Pilih Directory, kemudian klik tombol Select Folder .
 
·  Semua file dokumen penawaran di dalam folder yang Anda pilih akan ditampilkan pada Daftar File yang akan disandi .
·  Untuk membersihkan daftar file yang akan disandi, klik tombol Hapus Daftar. Maka Anda dapat memilih folder lain yang akan dienkripsi .
·  Untuk memulai proses enkripsi file rhs, klik tombol Enkripsi data .
·  Aplikasi meminta masukan Kunci Publik .
 
·  Pada web LPSE klik tombol Copy di bagian Kunci Publik Dokumen .
·  Klik tombol Paste pada form Kunci Publik untuk memasukkan kunci publik dari web LPSE .
·  Sebelum proses dekripsi berjalan, ditampilkan pesan Konfirmasi Lelang yang menampilkan Informasi Kunci Publik. Pastikan Anda memasukkan Kunci Publik yang benar agar file dokumen penawaran dapat dienkripsi. Hal ini perlu dilakukan karena kesalahan Kunci Publik dapat menyebabkan kerusakan file sehingga merugikan Anda sendiri.. Klik OK untuk melanjutkan proses dekripsi .
·  Harap tunggu hingga proses enkripsi selesai .
·  Setelah proses enkripsi selesai, halaman utama aplikasi menampilkan keterangan folder hasil pengecekan pembukaan file rhs, nilai hash file sandi beserta lokasi filenya, dan lokasi file hasil sandi. Klik teks yang berwarna biru dan bergaris bawah untuk membuka masing-masing lokasi penyimpanan file tersebut .
·  Nama file rhs dari hasil proses enkripsi adalah [nama folder].rhs. Ketika Anda ingin mengupload file ke server LPSE, pastikan Anda memilih file .rhs bukan file yang lain .


·  Salah satu kelebihan dari Apendo Peserta Versi 3.1 adalah memiliki tahap pengecekan proses enkripsi dan dekripsi. Ketika proses enkripsi yang Anda jalankan berhasil, berarti file rhs dapat dipastikan dapat dibuka/didekripsi kembali.
·  Untuk melihat file hasil pengecekan tersebut, klik teks berwarna biru pada baris pertama di Catatan proses .
·  Anda dapat melihat folder hasil proses dekripsi beserta file dokumen penawaran yang sama seperti pada saat proses enkripsi dilakukan .
 
·  Nilai Hash File sangat penting untuk mengecek integritas atau keutuhan data. Adanya nilai hash file ini dapat memberikan informasi apakah file rhs yang diupload mengalami kerusakan atau tetap utuh pada saat upload ke server LPSE. Anda dapat melihat langsung nilai hash dari file rhs di Catatan Proses .
·  Untuk melihat file yang meyimpan nilai hash file rhs, klik teks berwarna biru yang kedua di Catatan proses .
·  Anda dapat melihat informasi lengkap dari Nilai hash file rhs dari file tersebut seperti pada gambar berikut. Pastikan Anda tetap menyimpan file ini untuk kepentingan pengecekan file rhs yang telah diupload ke server LPSE .
 
·  Ketika Anda berhasil melakukan upload file rhs ke server LPSE, web LPSE akan menampilkan nilai hash. Nilai hash ini harus sama dengan nilai hash yang Anda simpan ini. Apabila kedua nilai hash tersebut berbeda, kemungkinan besar file rhs yang diupload mengalami kerusakan pada saat proses upload. Akibatnya Anda harus mengulang proses upload tersebut .
·  Agar Anda tidak salah mengambil file rhs yang akan diupload, Apendo Peserta versi 3.1 memberikan informasi lengkap tentang lokasi penyimpanan file rhs hasil proes enkripsi. Pastikan Anda mengetahui ID Lelang yang Anda ikuti dan kemudian Anda mengupload file rhs ini dengan benar .
·  Untuk melihat file rhs hasil proses enkripsi, klik teks berwarna biru yang ketiga di Catatan proses .
·  File rhs disimpan bersama dengan file nilai hash dan folder hasil pengecekan proses dekripsi. Hal ini sangat membantu Anda untuk lebih teliti mengecek file dokumen penawaran agar Anda tidak salah upload file rhs atau file rhs mengalami kerusakan pada saat upload .
 

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
29 Januari 2022 pukul 01.28

Play Online Casino Games in India | Kadang Pintar
Welcome kadangpintar to 카지노사이트 Kadang Pintar, your premier online casino. 제왕카지노 It's located in the heart of Pune and offers over 100000 of games. It's always on our website

Posting Komentar

Blogger news

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. CV YOJANA KARYA UTAMA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger